Minggu, 13 Mei 2012

BAB 1 : GW YANG KATANYA PENDIEM

Gak kerasa  udah kembali ke hari Senin... hari ke 14 bulan Mei

Punya blog tapi gak diisi-isi. Haduh~ Niat gak sih ni buat blog? Buku harian aja lagi jarang bgt diisi. Hehe, ketawan ya gw seneng nulis diary. Jujur c, suka bgt emang nulis diary. Soalnya gw kan emang bukan tipikal orang yang suka curhat ke org lain. Sama orang tua c curhat tp gak semua hal juga gw curhatin. Kayaknya julukan 'a woman with a lot of secret' tuh gw bgt. Gak semua temen gw tau seberapa dalemny perasaan gw, gak semua dari mereka juga yg tau hal2 aneh+nyebelin dari gw. Yah, karena gw emang gak terlalu sering mengekspos diri gw 100% ke publik *Lagak gw seleb beuuud

Klo orang tua mah gak perlu anaknya ngomong apa2 juga mereka tau sifat & apa yg lg dirasain anakny saat itu. So.. org tua gw seperti itu. Tanpa bnyk kata dari gw mreka tau kok.

Ada yg gw bingung tentang diri gw sendiri. Banyak orang yg bilang gw pendiem. Heran gw.
Hari Jum'at kemarin gw ada diskusi kelas mata kuliah Komunikasi Bisnis. Sebenernya bagi gw diskusi kelas itu gak penting. Alasannya adalah klo lg diskusi pasti banyak debatnya. Dan emang bener. Gw gak suka debat2 kyk gitu, makanya gw benci bgt liat rapat2 anggota DPR di TV. Soalnya klo debat belum tentu c masalahnya kelar, inti masalah juga jd gak jelas, topiknya jd kabur. Mereka cuma ngeluarin emosi dan pertanyaan gak mutu. Pas diskusi kelas pun gw cuma ngomong seperlunya, selebihnya mendengarkan. Rupanya nih, dosen gw merhatiin sikap cuek gw, dan salah mengartikan klo gw tuh pendiem. Waw~ Jum'at minggu sebelumnya gw udah dapet kartu kuning dari dosen itu. Dia bilang gini ke gw & beberapa temen lain yg belum nanya atau ngeluarin opini di diskusi kelas, "Fauziyah, kamu belum ngomong nih".Saat itu emang gw blum ngomong sepatah kata pun, abisnya hari itu kelompok pemimpin diskusi itu tipe kelompok sangar yang ngomongnya kyk pake toa. Mana ngotot2 lg. Males duluan gw. Lagian gw udah bisa ngambil inti masalah diskusi & solusinya. Karena disuruh ngomong y terpaksalah gw beropini sambil nanya ke mereka.

Karena gak mau dpt teguran dari dosen kyk minggu sebelumnya gw ngajuain pertanyaan tuh pas diskusi kelas terakhir. Eh, tapi knp bu dosen tetep aj manggil nama gw di akhir kelas & ngomong gini, "Fauziyah diem aj". Huah, sumpah y.. saat itu darah tinggi gw naik. Gile, gw cuap2 nanya bnyk td gak didengerin?? ZZZZZZ... yah gw bilang aj, "Perasaan tadi saya nanya".

Gw benci bgt ada yg bilang gw pendiem. Suka2 gw lah, gw mau diem kek, bawel kek.. Gw juga benci bgt ada yg nyuruh gw nanya klo dosen bilang, "ada yg mau bertanya?". Ih, gw udah ngerti gitu. Ngapainjuga gw nanya. Lu aja sana yang nanya. Bukannya sombong, tp emang gw udah ngerti. Gw bukan tipe org yg bakalan ribet2 nyari2 topik yg gak gw ngerti. Lagian klo ada yg gak gw ngerti udah gw cari duluan di rmh.

Gw bukan pendiem, tp emang gw irit klo ngomong, terutama sama org yg gak gw deket. Mau ngomong apa juga c? Gak perlu lah banyak ngomong klo toh pada akhirnya kata2 kita ada yg bikin hati org tersinggung. Ngomong klo emang perlu, klo gak ada yg perlu diomongin just silent! Ibu gw pernah bilang gini, "Kamu tuh mirip bapak, irit ngomong. Klo ngomong yah seperlunya aj". Gw liat2 sih emang iy, gw sama bapak tuh sama. Klo di rmh, dan isinya cuma gw sama bapak yaudah... hening... gak bnyk ngomong. Bukan marahan y, tp emang kita berdua sifatnya bgini. Sekalinya ngomong bpk gw tuh lucu, dan klo marah langsung jleb bgt. Gak pernah loh dia ninggiin suaranya buat marah, klo marah dia malah bakal ngebass-in suaranya. Kata2nya nusuk bgt. Malah dulu gw didiemin sama dia pas gw bikin salah, hehe. Makanya klo di rmh kita paling takut klo bapak lg marah. Gw juga gitu, di kelas, anak2 suka bilang dini ke gw, "Si Fauziyah mah klo udah ngomong dalem bgt".

Salah gak sih klo gw ngomong seperlunya? Apa semua org harus bervokal, ngeluarin seluruh pendapat mereka, apa yg mreka rasain, apa yg mau mreka dapetin? Bukan berarti gw gak suka sama org bawel y.. Gw suka kok sama org bawel, ibu gw aja bawel. Cerita ini itu ke gw, padahal kadang respon gw cuma, "Hm..", "Oh", "Kasian bgt", dll. Singkat. Tp tetep gw perhatiin kok ceritanya. Emang gw nanggepinny cuma gitu. Dibilang gw datar ekspresinya y gak juga. Kadang sama kyk yg lain, lebay2 gimana gitu, walaupun gak sering juga. Pokoknya gw tuh anteng deh orgnya. Gak sering berinisiatif bikin suatu kehebohan. Pokoknya gw tuh sesuai dengan motto hidup gw dulu, "Jalani hari mu seperti air yg mengalir". Tapi hati2 aj klo gw lg marah/kesel karena air tenang itu menghanyutkan...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar